0822 3333 1245 info@etnicode.com Yogyakarta, Indonesia
Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan SEO dan SEM Mana Yang Paling Cocok Untuk Bisnis?

Saat anda memiliki website dan mulai ingin mengoptimasinya agar bisa mendapat posisi teratas dihasil pencarian, kami sarankan anda memahami perbedaan SEO dan SEM terlebih dahulu karena ini sangat penting. Keduanya merupakan strategi optimasi website untuk mendapatkan posisi tinggi di Google. Tapi keduanya juga tentu memiliki beberapa perbedaan yang perlu anda pertimbangkan agar bisa memberikan hasil maksimal.

SEO dan SEM merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia digital marketing. Bahkan Etnicode sendiri masih menerapkannya sampai sekarang karena memang keduanya saling berkaitan erat untuk menghasilkan traffic atau prospek penjualan.

SEO atau SEM merupakan salah satu tools yang dapat memudahkan kegiatan digital marketing kita. Perbedaan dari kedua hal ini sangat perlu anda pahami jika sekarang anda sedang berusaha membangun traffic agar penjualan meningkat. SEO dan SEM ini bertujuan untuk meningkatkan traffic dalam hal promosi dan pemasaran penjualan produk baik fisik maupun jasa. Agar anda bisa lebih memahami kedua hal ini, mari kita bahas didalam artikel ini.

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Perbedaan SEO dan SEM
Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan proses optimasi terhadap sebuah website beserta segala aspeknya seperti konten, sistem, dll agar peringkatnya bagus dimesin telusur semacam Google, Bing, Yandex dll.

Secara sederhana SEO adalah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog agar bisa berada dihalaman pertama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keywords (kata kunci) yang ditentukan.

Menerapkan ilmu SEO pada website atau blog memerlukan keterampilan dan ketekunan khusus. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analisis, kompetetif, dan strategis. Karena Teknik SEO tergolong salah satu cara organik untuk mendapatkan pengunjung web, maka butuh proses cukup panjang untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tujuan utama menerapkan SEO adalah untuk meningkatkan traffic visitor atau kunjungan dengan keywords yang tertarget. Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tingginya posisi website atau blog dengan keywords tertentu muncul di rangking satu mesin pencari, maka semakin tinggi juga pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog anda.

Bagaimana SEO Bisa Membantu Anda?

Jika anda ingin mendapat lebih banyak visitor website atau blog dan dapat lebih banyak calon konsumen yang potensial, SEO adalah salah satu cara utamanya yang sampai sekarang masih terus diterapkan baik oleh bisnis kecil maupun besar termasuk Etnicode Solution. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Misalnya begini, ada seseorang sedang mencari informasi mengenai produsen furniture berkualitas. Kemudian orang tersebut mengetikkan kata kunci di Google “jual furniture berkualitas harga murah” dan ia menekan enter. Secara otomatis, akan muncul website-website yang muncul dihalaman pertama yang paling sesuai dengan kata kunci tadi.

Jika dihalaman pertama tersebut ada website anda dirangking pertama, maka kemungkinan besar orang yang mencari tadi akan masuk kewebsite anda. Dari sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa semakin banyak pengunjung masuk kedalam website kita, maka prospek penjualanpun semakin besar.

Yang perlu anda perhatikan yaitu website yang muncul dihalaman pertama hasil pencarian Google merupakan page dari website yang telah teroptimasi melalui teknik SEO. Hampir semua pengguna internet bergantung pada mesin telusur raksasa yaitu Google.

Teknik Utama Pada SEO

SEO ini merupakan komponen dari kategori yang lebih besar yaitu Search Engine Marketing (SEM) itu sendiri. Hukum dan aturan tak tertulis SEO memang terus berubah seiring dengan perubahan algoritma mesin telusur dari waktu kewaktu. Namun, ada satu aspek dari SEO yang tetap konsisten yaitu teknik On Page dan Off Page. Ini adalah komponen inti atau kami biasa menyebutnya dengan teknik utama. Apa itu keduanya? mari kita pelajari lebih lanjut:

On Page SEO adalah langkah-langkah optimasi yang dilakukan didalam website itu sendiri. Seluruh kegiatan optimasi situs yang letaknya didalam website, maka masuk dalam teknik on page. Beberapa langkah optimasi on page sendiri meliputi permalink, judul konten, meta description, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif hingga permainan internal link dan outbound link.

Sedangkan Off Page SEO adalah sejumlah langkah optimasi yang dilakukan diluar website. Jadi mengoptimasi konten anda saja belum cukup. Ada banyak faktor lain diluar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO anda. Jika anda ingin memahami lebih detail, kami sudah membahasnya di artikel Apa Itu SEO? silahkan pelajari dengan teliti.

Apa Itu SEM Search Engine Marketing?

Perbedaan SEO dan SEM
Apa Itu SEM?

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri dihalaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP).

SEM mencakup teknik SEO dan juga beberapa teknik marketing lainnya. Selain mengoptimalkan untuk mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen utamanya. Beberapa contohnya seperti daftar Bayar Per Klik atau Pay Per Click (PPC) dan iklan semacam Google Ads. Jadi sebagian besar berbentuk kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Jika anda melakukan SEO, maka hal tersebut juga termasuk upaya SEM.

SEM ini biasa didefinisikan sebagai kegiatan beriklan di mesin pencari Google. Jika anda sedang berusaha meningkatkan traffic mesin telusur dengan cepat, maka anda wajib mempelajari salah satu online course rekomendasi dari kami yaitu Google Ads Conversion Class.

Didalam Kelas, anda akan belajar banyak mengenai Google Ads dari hal basic sampai anda bisa mempraktekkannya sendiri. Tidak ada hal yang sulit jika anda benar-benar serius dalam scale up bisnis. Anda tinggal join di online course tadi, kemudian terapkan ilmunya ke bisnis anda.

Jadi, Apa Perbedaan SEO dan SEM?

Secara garis besar yang membedakan SEO dan SEM adalah dalam segi biaya. SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan cara pay per click atau dengan ketentuan berapa lama waktu.

Hasil SEM akan dengan cepat terlihat dari berapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta keywords yang akan ditargetkan. Antara SEO dan SEM, keduanya memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing tidak digunakan untuk adanya perasaingan satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. Apabila anda memutuskan untuk melakukan bisnis di internet, sebaiknya website yang anda miliki dapat ditampilan pada mesin pencarian organik dan juga pada bagian yang diiklankan. Ini artinya, Teknik SEO dan SEM sangat dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.

Teknik SEO vs SEM, Mana Yang Lebih Baik?

Banyak para internet marketer yang memasarkan produk berbeda mempertanyakan apakah yang satu lebih baik dari yang lain? Bagaimana menurut kalian? Jika ingin mendapat tanggapan pribadi dari tim Etnicode Solution sebagai salah satu Jasa Digital Marketing Terbaik, maka kami akan tanya balik dulu, apa produk anda dan butuh traffic cepat atau santuy?

Mengapa kami menanyakan apa produknya? Karena tidak semua produk bisa diterapkan pada teknik SEO ataupun SEM. Beberapa produk yang memiliki target market di Social Media seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter dll, akan sangat sulit jika menerapkan kedua teknik tersebut. Bahkan nanti bisa salah alokasi anggaran promosi dan ujung-ujungnya boncos juga.

Kita ambil contoh salah satu produk aja biar kalian bisa lebih paham. Misalnya anda menjual produk parabot rumah seperti ember. Nah kira-kira ada ngga target marketnya di Google? atau justru malah adanya di social media seperti Facebook dan Instagram. Dari sini, anda tidak bisa memaksakan SEO atau SEM untuk pemasaran. Mungkin yang lebih tepat adalah Instagram Organik, Marketplace, Facebook Ads dan Instagram Ads.

Berbeda misalkan anda punya produk seperti Furniture, Alat Musik Hadroh, Jasa dan sejenisnya yang emang target marketnya ada di mesin pencari, maka menerapkan SEO atau SEM sangatlah tepat. Kemudian apa hubungannya dengan pertanyaan butuh traffic cepat atau lambat?

Anggaran Promosi Menentukan Pilihan Anda

Pertanyaan tadi sengaja kami ajukan karena tidak semua bisnis punya anggaran cukup untuk promosi menggunakan iklan Google. Oleh karena itu, sebelum memilih mana yang terbaik, lebih tepat jika anda mengetahui anggaran untuk promosinya besar atau kecil.

Nah sekarang mari kita bedah. Yang pertama, jika budget promosi anda tipis maka gunakanlah teknik SEO karena seperti yang sudah kami jelaskan bahwa SEO bisa dilakukan dengan cara gratis tanpa harus keluar biaya sedikitpun. Anda tinggal pelajari semua tentang seo baik melalui Kursus SEO Online atau belajar secara tatap muka langsung seperti di program Etnicode Kursus SEO Offline.

Kemudian yang kedua, jika budget promosi anda besar maka terapkanlah SEM agar bisa mempercepat traffic masuk kehalaman website anda. Namun agar tidak boncos saat menjalankan iklan, kami sarankan anda mempelajari sebuah ilmu rahasia tentang SEM yaitu Google Ads Conversion Class.

Yang ketiga, jika anda memiliki banyak tim pemasaran dan anggarannya besar, maka terapkanlah kedua teknik tersebut agar proses meningkatkan traffic dari Search Engine semakin cepat dan maksimal. Ingat, menaikkan visitor itu tidak semuanya cepat, ada hal-hal yang harus disesuaikan dengan kondisi bisnis anda saat. ini.

Kesimpulan SEO dan SEM

Baik SEO maupun SEM keduanya adalah strategi untuk meningkatkan pengunjung melalui Search Engine yang bertujuan untuk memperbesar prospek penjualan baik produk fisik maupun jasa. Sampai sekarang, masih banyak perusahaan dari berbagai bidang menerapkan keduanya dan mungkin akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Sebelum menerapkan salah satu atau kedua teknik diatas, pastikan anda sudah mengenali target market bisnis anda secara matang agar proses optimasi dan iklan tidak sia-sia. Jika anda masih bingung bagaimana cara menerapkannya, silahkan kolaborasi dengan Etnicode sebagai salah satu Jasa Digital Marketing Profesional.

Setelah membaca artikel ini, anda telah mendapat wawasan mendasar mengenai Perbedaan SEO dan SEM beserta perbedaan hingga mana yang lebih baik digunakan. Sebagai praktisi internet marketer yang masih aktif hingga sekarang, kami berkomitmen penuh untuk membantu pertumbuhan bisnis anda secara online.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk proses scale up bisnis anda. Kami akan rutin membagikan informasi menarik dan terbaru seputar bisnis dan digital marketing didalam Blog Etnicode. Pastikan anda mengunjunginya secara rutin agar tidak ketinggalan berita marketing terbaru.

Artikel Terkait: Apa Itu SEO?