0822 3333 1245 info@etnicode.com Yogyakarta, Indonesia
Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa

Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa Agar Lebih Maksimal

Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa РSeiring dengan perkembangan teknologi terkait dengan meningkatnya penggunaan internet, kegiatan pemasaran melalui internet sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Teknologi internet sekarang  ini merupakan hal yang sangat penting untuk digunakan dalam kehidupan masyarakat. Melalui internet, orang-orang di belahan dunia mana pun dapat terhubung secara real time.

Salah satu pemanfaatan media internet dalam kegiatan pemasaran adalah Digital Marketing. Digital Marketing adalah suatu bentuk pemasaran atau promosi suatu produk atau jasa dengan menggunakan media digital dan internet sebagai alat promosinya. Dengan menggunakan strategi Pemasaran Perusahaan Jasa, sebuah perusahaan bisa mendapatkan konsumen yang lebih banyak dan lebih luas karena dapat menjangkau target yang luas dengan biaya yang lebih rendah.

Baca Juga: Jasa Bikin Website Properti Murah

Definisi Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa

Menurut Mbaskool, Strategi pemasaran jasa adalah strategi yang mempromosikan manfaat dan penawaran tidak berwujud yang diberikan oleh perusahaan untuk memberi nilai kepada konsumen. Jasa bisa berbentuk penawaran layanan mandiri atau layanan yang melengkapi produk fisik.

Pemasaran jasa merupakan konsep yang fokus utamanya pada bisnis produk tidak berwujud atau nonfisik. Jasa adalah kelebihan suatu perusahaan yang sebagian besar didorong oleh layanan person to person dan tidak dapat disimpan oleh konsumen. Kepuasan konsumen menjadi satu-satunya indikator apakah jasa yang diberikan sudah memenuhi kebutuhannya atau tidak.

Sektor bisnis semacam perhotelan, pariwisata, jasa keuangan, jasa profesional, dan sebagainya, cocok untuk menggunakan strategi pemasaran jasa. Strategi pemasaran jasa dapat dibagi dalam tiga aspek, yaitu pemasaran eksternal, internal, dan interaktif.

Pemasaran eksternal mencakup penetapan harga, distribusi, dan promosi layanan kepada konsumen. Ada pun pemasaran internal mencakup pelatihan dan memotivasi pegawai agar melayani konsumen dengan baik. Terakhir, pemasaran interaktif bergantung pada keterampilan pegawai dalam melayani konsumen.

Tujuan Pemasaran Perusahaan Jasa

Meskipun pemasaran jasa sering dimaknai berbeda dalam hal penekanannya, namun semuanya memiliki makna yang saling berkaitan satu sama lain. Kunci utamanya adalah tentang bagaimana produsen mampu mencapai kepuasan pelanggan. Kemudian, berdasarkan tujuan organisasi, pemasaran jasa tersebut dapat dibagi menjadi dua, yaitu.

Commercial Services

Jasa profit atau jasa komersial adalah jasa yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan atau profit. Contoh sederhana dari tujuan ini adalah hotel, bioskop, bank, dan bisnis persewaan mobil. Seluruh organisasi atau perusahaan akan beroperasi hanya untuk tujuan menghasilkan keuntungan.

Non-Profit Services

Berbeda dengan layanan komersial, layanan nirlaba adalah layanan yang memiliki tujuan untuk tujuan sosial. Contoh sederhana adalah perpustakaan umum, panti asuhan, dan museum. Berbagai jasa ini bergerak tanpa dasar dalam mencari keuntungan.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Cargo Logistik

Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa

Strategi pemasaran perusahaan jasa memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan pemasaran jenis produk lain. Hal ini karena yang ditawarkan tidak berwujud sama sekali. Dengan tidak adanya produk fisik yang ditampilkan, tentunya akan berpengaruh kepada cara Anda memasarkan jasa. Pemasaran jasa juga harus bisa terdengar lebih meyakinkan melalui kata-kata.

Terkadang Anda harus mengandalkan konsumen Anda sendiri untuk memberikan testimoni yang baik, sehingga memengaruhi konsumen lain menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Berikut strategi pemasaran perusahaan jasa yang harus Anda coba saat ini:

Memberikan Layanan Secara Efisien

Setiap penyedia jasa harus mampu memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat, serta harus sesuai dengan keinginan konsumennya. Mengapa? Karena tidak jarang penyedia jasa yang menawarkan jasa yang membuat konsumen mengalami kerepotan. Padahal, semua kebutuhan konsumen ini sebenarnya tidak terlalu kompleks. Dengan memberikan pelayanan secara efisien, konsumen juga akan menunjukkan sikap loyalnya.

Keluhan Pelanggan Yang Memuaskan

Selain mampu memberikan pelayanan yang efisien dan terbaik, pelayanan juga harus mampu mengatasi setiap permasalahan atau keluhan pelanggan. Setiap permasalahan atau keluhan tersebut harus ditangani dengan baik dan juga diselesaikan. Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen maka akan dapat memberikan kesan yang baik pula pada pelayanan itu sendiri.

Memanfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi juga dapat digunakan dalam strategi pemasaran jasa, seperti menggunakan jasa pemasaran online dengan membuat halaman website resmi yang sudah dioptimasi menggunakan SEO dan juga didukung dengan penggunaan media sosial lainnya. Selain itu, penggunaan teknologi ini juga akan memudahkan setiap konsumen dalam hal mengakses berbagai layanan.

Peran Karyawan Dalam Melayani Pelanggan

Hal lain yang mampu menarik konsumen adalah tentang peran karyawan dalam sebuah penyedia jasa. Jika suatu penyedia jasa memiliki karyawan yang berkinerja baik, maka tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kemudian, kinerja karyawan yang baik juga akan membantu membangun citra positif bagi penyedia layanan.

Menyesuaikan Budaya Yang Tumbuh

Bagi penyedia jasa, penting juga untuk selalu mewaspadai tren dan perkembangan budaya yang sedang populer dan diminati banyak orang. Mengapa? Karena tren budaya juga akan mempengaruhi cara layanan dipasarkan. Jika Anda ingin melakukan pemasaran jasa yang menarik dan mampu menarik lebih banyak konsumen, maka lakukanlah metode pemasaran yang sedang populer dengan budaya atau trend saat ini.

Harga Yang Benar Dan Rasional

Akan lebih baik jika penyedia jasa menetapkan harga yang lebih rasional dan sesuai dengan kemampuan konsumen yang dituju. Selain itu, penetapan harga ini juga dapat didasarkan pada manfaat yang telah diperoleh konsumen atas layanan yang ditawarkannya. Suatu jasa akan memiliki harga yang tinggi jika manfaat yang dirasakan oleh setiap konsumen semakin meningkat.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Travel Murah

Klasifikasi Pemasaran jasa

Segmen Pasar Dalam

Berdasarkan segmen pasarnya, ada dua jenis perusahaan jasa, yaitu perusahaan jasa kepada konsumen, dan juga perusahaan jasa kepada perusahaan lain atau organisasi lain. Contoh sederhana perusahaan jasa kepada konsumen adalah perbankan dan asuransi. Sedangkan contoh perusahaan jasa terhadap suatu organisasi adalah jasa konsultan profesional

Tingkat Keberwujudan

Ada tiga jenis kriteria yang ada pada tingkat tangibles, yaitu jasa sewa yang baik, jasa milik barang dan jasa tidak baik. Rented good service itu sendiri adalah suatu kondisi dimana konsumen hanya menggunakan produk dalam jangka waktu tertentu atau konsumen hanya menyewakannya. Contoh sederhananya adalah hotel, sewa kendaraan, gedung, dll.

Sedangkan barang milik jasa adalah barang milik konsumen yang diperbaiki, dimaksimalkan atau dipelihara oleh perusahaan jasa. Contoh sederhananya adalah jasa reparasi mobil, sepeda motor, mesin cuci, televisi, dll. Kemudian, non good service adalah jasa personal yang tidak berwujud dan juga ditawarkan kepada konsumen. Misalnya seperti pembantu rumah tangga, sopir, guru, dosen, dll.

Keterampilan Penyedia Jasa

Pada tingkat keterampilan penyedia jasa terdapat dua kriteria utama, yaitu penyedia jasa profesional dan non profesional. Contoh penyedia jasa profesional adalah konsultan, dokter, arsitek, akuntan, dll. Sedangkan dari sisi non-profesional adalah driver, security, dll.

Tujuan Organisasi Jasa

Berdasarkan tujuannya, perusahaan jasa dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu perumahan, operasional rumah tangga, rekreasi, perawatan diri, dan juga perawatan kesehatan. kemudian, jenis lainnya adalah pendidikan, asuransi, perbankan, transportasi dan juga komunikasi.

Regulasi

Ada dua klasifikasi pemasaran jasa pada tingkat regulasi, yaitu layanan yang diatur dan layanan yang tidak diatur. Contoh sederhana layanan teregulasi adalah perbankan, angkutan umum, calo, dll. Sedangkan contoh layanan non-regulasi adalah katering dan juga layanan perbaikan rumah.

Tingkat Intensitas Karyawan

Setidaknya ada dua jenis tingkat intensitas pegawai, yaitu layanan berdasarkan jasa dan layanan berbasis individu. Contoh layanan berbasis layanan adalah perbaikan kendaraan, binatu, dan cuci mobil. Kemudian, contoh layanan berbasis individu adalah pelatih olahraga, guru, konsultan, dan juga dosen.

Tingkat Kontak Penyedia Jasa Dan Pelanggan

Ada dua jenis layanan berdasarkan tingkat kontak antara penyedia layanan dan pelanggan, yaitu layanan kontak tinggi dan layanan kontak rendah. Contoh sederhana dari layanan kontak tinggi ini adalah sekolah, bank, dan klinik dokter. Adapun contoh low contact service adalah bioskop, dan juga gedung olahraga.

Baca Juga: Website Tour and Travel Terbaik dan Cara Membuatnya

Konsep Strategi Pemasaran Jasa

Strategi pemasaran produk atau jasa memiliki konsep khusus agar dalam menjalankannya lebih fokus. Langsung saja, berikut ulasannya:

Segmentasi Market

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mengklasifikasikan pasar terlebih dahulu, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Klasifikasi heterogen ini menjadi unit pasar yang homogen.

Positioning Market

Agar Anda bisa lebih tepat dalam mendapatkan konsumen sesuai dengan usaha bisnis Anda, maka sebaiknya Anda menentukan pola tertentu. Pola ini dibuat agar mendapatkan posisi yang kuat di pasar yaitu segmen yang dapat menguntungkan bisnis Anda. Ini karena tidak ada perusahaan yang bisa mendominasi seluruh pasar.

Market Entry Strategy

Strategi pemasaran ini merupakan strategi agar perusahaan dapat memasuki segmen pasar tertentu. Berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Membeli Perusahaan Lain
  • Pengembangan Internal
  • Kerjasama Dengan Perusahaan Lain

Nah, bagi Anda yang saat ini memiliki perusahaan jasa namun masih bingung bagaimana cara mempromosikannya dengan baik, Anda bisa kolaborasi dengan berbagai layanan premium yang Etnicode sediakan. Kami merupakan perusahaan Digital Marketing Consultant & Agency yang selalu mendampingi pertumbuhan pelaku usaha di Indonesia.

Kami menyediakan berbagai layanan terbaik mulai dari pembuatan website, desain branding, social media management, hingga periklanan digital. Untuk memilih layanan sesuai kebutuhan Anda, silahkan akses di halaman Service Etnicode kemudian lanjutkan dengan terhubung dengan tim Etnicode. Itulah ulasan tentang, Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa. Semoga bermanfaat.

Belum Kenal Etnicode? Lihat Portofolio dan Projects Etnicode Solutions